Outsource your programming projects at ScriptLance.com today - Free signup
Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.
Get paid To Promote at any Location

Misteri Gudang 88 (3)

Sumber : inilah.com

Pada tahun 2001, Pemerintah Amerika melalui fasilitas Public Law, memberikan dana hibah sekitar 1,72 Triliun. Dana ini disimpan dengan rekening Menkeu di Bank Century. Inilah bagian-2 hasil investigasi BPK terhadap dana itu.
Seluruh barang yang diimpor berdasarkan L/C yang dibuka oleh INKOPTI, INKUD dan IKKU-DMI merupakan barang yang sebelumnya telah diimpor oleh PT PLS dan PT PLSo dari Alfred C Toeper International, Inc, Minnesota, USA. Hal ini dapat dilihat dari
ketiga Bill of Lading (BL) yang tanggalnya jauh sebelum tanggal L/C dan tidak satupun merujuk kepada L/C yang dibuka. Adapun tanggal masing-masing L/C dan BL ketiga koperasi tersebut adalah:
INKOPTI, tanggal L/C 1 Juni 2001, tanggal BI 9 Januari 2001.
INKUD, tanggal L/C 12 Juni 2001, tanggal BI 11 Januari 2001 IKKU-DMI, tanggal L/C 6 Agustus 2001, tanggal BI 9 Februari 2001.
Dengan demikian, L/C yang dibuka tersebut tidak diikuti adanya realisasi impor, karena tanggal pembukaan L/C jauh dari tanggal BI.
4. Ketiga BL tersebut seluruhnya merupakan copy BL yang not negotiable.
5. Berdasarkan on the spot ke "gudang 88" yang terdiri dari 6 gudang di Tegal Alur, Jakarta Barat, salah satu tempat utama penyimpanan barang-barang sesuai BL, diketahui bahwa tidak ditemukan delivery barang kepada 2 applicant (INKUD dan INKOPTI) seperti yangt ercantum dalam invoice. Sementara itu delivery barang kepada IKKU-DMI sangat kecil (sekitar 20%) jika dibandingkan dengan jumlah tercantum invoice.
6. Masa berlaku BL yang wajar untuk diajukan ke bank adalah 21 hari (sesuai UCP 500 pasal 43). Namun pada L/C (additional condition) dicantumkan Stale Bill of Lading Acceptable yang berarti bahwa bank tetap akan menerima dokumen BL yang diajukan oleh eksportir sebagai dasar untuk pencairan pembayaran tanpa melihat tanggal BL-nya.
7. Pada saat ketiga L/C tersebut dibuka tidak disertai setoran jaminan 20 persen sesuai persyaratan L/C PL-416 B (dana hibah). Setoran jaminan dalam bentuk deposito berjangka atas nama importir dilakukan setelah L/C dibuka yang sumber dananya sebagian besar berasal dari hasil negosiasi L/C tersebut.
Pemblokiran deposito untuk penjaminan L/C
PL-416 B (dana hibah) tidak dilakukan pada saat pembukuan deposito. Tetap dilakukan dalam beberapa hari kemudian.

0 comments:

Paid2YouTube.com

Video