Outsource your programming projects at ScriptLance.com today - Free signup
Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.
Get paid To Promote at any Location

Boediono Akan Menyusul Sri Mulyani Mundur?

OLEH: ARIEF TURATNO
SEBAGAIMANA sudah ditulis di rubrik ini sebelumnya, bahwa dengan mundurnya Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (SMI) dari kabinet pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), secara praktis sekarang Wakil Presiden (Wapres) Boediono sendirian dalam membentengi kasus bail out Bank Century senilai Rp6,7 triliun. Pertanyaan dan persoalannya adalah apakah mampu Boediono menghadapi serang bertubi-tubi dari lawan politik SBY nantinya?
Boediono, bukanlah politisi. Dia termasuk akademisi yang baik, dan sebelumnya dikenal cukup lurus. Karena itu, banyak pihak mempertanyakan tentang kemampuan Boediono dalam menghadapi serangan politik yang hampir pasti akan lebih banyak lagi ditujukan kepadanya. Ketidakmatangan Boediono dalam politik inilah yang menyebabkan kita ragu bahwa dia bakal mampu bertahan dari gempuran yang akan  datang dari berbagai macam penjuru.
Apalagi berdasarkan berita burung, Boediono pernah mencoba mengajukan pengunduran diri sebagai Wapres. Hal itu dilakukan karena kabarnya Boediono sudah tidak nyaman dan tidak tahan lagi menghadapi kritik yang sangat pedas dan langsung ditujukan kepadanya. Namun, niat mengundurkan diri itu tidak mendapat persetujuan Presiden SBY. Sehingga sampai sekarang Boediono masih tetap menjadi Wapres. Dan itu pun karena Boediono dilapis SMI yang cukup lihai dalam menangkis serangan, terutama berkait soal bail out Bank Century.
Sekarang, SMI hampir pasti akan menjadi Direktur Bank Dunia (World Bank). Dan hampir pasti pula SMI bakal meninggalkan posisinya sebagai Menkeu. Dengan sendirinya, SMI tidak mungkin lagi menjadi tameng kedua, atau tangan kedua bagi SBY, maupun untuk melapis Boediono. Singkatnya, sekarang Boediono menghadapi kasus bail out Bank Century sendirian. Padahal kasus itu belakangan semakin panas dan pasti akan semakin memanas dengan perginya SMI. Masalah inilah yang menyebabkan kemungkinan Boediono akan segerta mengikuti jejak SMI.
Kalau pun saat ini Boediono belum mengajukan pengunduran diri. Karena sampai sekarang SMI masih menjadi Menkeu. Sebab SMI baru lepas dari Menkeu dan menduduki jabatan baru sebagai Direktur Bank Dunia pada awal Juni, atau setidaknya setelah lowongan Menkeu sudah ada yang mengisinya. Dan kita juga akan melihat, apakah masih akan ada banyak serangan politik lagi atau tidak yang menyangkut kasus Bank Century itu? Sebab ini juga dapat kita jadikan indicator kuat tentang kemungkinan mundurnya Boediono atau tidak.
Jika serangan terhadap kasus bail out Bank Century mengendor atau tertutup heboh Piala Dunia (World Cup) Dunia yang  bakal digelar pada bulan Juni 2010. Kemungkinan Boediono bakal tetap bertahan. Sebaliknya, jika serangan terhadap pemerintah masih panas dan semakin panas, maka peluang mantan Gubernur BI untuk mundur sangat besar. Atau seandainya Boediono mendapat peluang semacam SMI, mungkin saja dia segera mundur sekarang. Sebab, dia pun seperti SMI dan kita, buat apa bertahan, bila tidak ada yang perlu dipertahankan lagi. Jadi kapan mundurnya Pak Boed?

0 comments:

Paid2YouTube.com

Video