Ledakan Misterius Rusak 3 Rumah

Jakarta - Penyebab ledakan di Jl Delima VI Gang 2, Duren Sawit, Jakarta Timur, masih misterius. Jika benda itu adalah meteorit (meteor yang telah jatuh di Bumi), maka harus ditemukan benda semacam batuan atau bongkahan hitam bekas terbakar.
"Kami harus cari, membuktikannya ada atau tidak, itu seperti bentuk batuan atau bongkahan terbakar berwarna hitam," ujar profesor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di bidang astronomi sekaligus Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim Lapan Thomas Djamaluddin.
Hal itu disampaikan Thomas ketika dihubungi detikcom, Jumat (30/4/2010).
Thomas menjelaskan, batuan itu tampak seperti meleleh bagian luarnya, agak halus, karena panas tinggi akibat bergesekan dengan atmosfer.
"Di meteorit itu ada lapisan halus berwarna hitam disebut fussion cracht, seperti lapisan luar habis terbakar," imbuhnya.
Menurutnya, diameter meteorit yang jatuh ke bumi bermacam-macam diameternya. Yang paling sering adalah seukuran buah kelapa atau bola sepak. Dan jarang yang meteorit yang mengenai rumah, lebih sering jatuhnya di tanah kosong.
"Semakin besar (ukuran meteor) semakin jarang. Kalau di rumah pernah dilaporkan di Jepang atau New Zealand. Kalau di Jepang pernah ada, hanya melubangi atap saja," kata dia.
Di Indonesia, sudah sering ditemukan meteor jatuh di lahan kosong. Beberapa sisanya jatuh di Tegal, Jawa Tengah; dan Pontianak, Kalimantan Barat. Biasanya, sisa meteoritnya diminta masyarakat.
"Tidak beracun kok itu. Mengandung mineral tergantung jenis batuannya. Ada yang mengandung karbon dan silikat, ada yang mengandung logam, lebih padat dan keras," jelas dia.
Apakah ada kemungkinan meteor itu sisa dari hujan Meteor Lyrids yang turun dari 15-26 April 2010? "Hujan meteor Lyrid sangat kecil, halus seperti butir pasir, tidak ada meteor besarnya. Kalau itu (meteor besar) batuan sisa pembentukan tata surya," papar Thomas.

Sumber : Detik News

Meteor Bone Lima Kali Lebih Besar dari Meteor Wisconsin

Para astronom memperkirakan diameter meteor di angkasa meledak di langit Wisconsin, Amerika Serikat, pada 16 April lalu masih kalah besar dengan meteor Bone yang jatuh di laut Sulawesi 8 Oktober 2009.

Menurut Dr. Thomas Djamaludin, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) kepada Tempo meteor Wisconsin besarnya antara 1-2 meter. Ukuran itu berdasarkan hitungan kekuatan ledakan meteor di atmosfir. "Adapun meteor Bone, ukurannya diperkirakan sekitar 10 meter dan jatuh ke dasar laut perairan Bone," kata Thomas.
Badan Antariksa Amerka Serikat (NASA) mengatakan meteor yang meledak di Bone itu kekuatannya tiga kali bom atom yang meluluhlantakkan Hiroshima atau 50 ribu ton TNT (bahan pembuat bom). 

Untunglah, ledakan meteor itu tak menyebabkan kerusakan massal. Menurut pakar astronomi, Peter Brown dari University Western Ontario, Kanada, kehancuran tak terjadi karena meteor meleduk pada ketinggian 15 sampai 20 kilometer di atas bumi.  

Asteroid Bone adalah salah satu yang terbesar yang pernah diobservasi. Sampai sekarang, lokasi jatuhnya meteor itu belum ditemukan. Lapan mengaku kesulitan menelitinya karena berada di dasar laut dan jarak lokasinya jauh dari kantor Lapan di Bandung.

Thomas Djamaludin menyatakan meteor Wisconsin hancur di ketinggian sekitar 100 kilometer dari tanah. Begitu sampai di bumi, pecahan meteor tersebar dalam berbagai ukuran. "Ada yang kecil dalam ukuran ons," katanya, Selasa (20/4). Pecahnya meteor Wisconsin  itu, kata dia, kemungkinan terjadi karena unsur pembentuknya lebih banyak dari bebatuan, seperti silikat atau karbon.
Dia memastikan, meteor Wisconsin bukan bagian dari hujan meteor Lyrids yang tengah turun sepanjang 16-26 April ini. "Itu meteor sporadis dari batuan antar planet. Beda dengan meteor Lyrids yang berupa debu sisa komet," kata Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim Lapan itu.

Dibandingkan meteor yang jatuh di perairan Bone, Sulawesi, pada Oktober 2009, meteor Wisconsin lebih rapuh. "Meteor Bone materi pembentuknya diperkirakan lebih banyak metal (logam) atau komposisinya lebih kuat," ujarnya.
Menurut Djamaluddin, fenomena jatuhnya meteor ke bumi dalam ukuran agak besar, biasanya terjadi 2-3 tahun sekali di suatu tempat.

Oleh : ANWAR SISWADI
Sumber : TempoInteraktif

Riwayat Singkat Bung Karno

PROKLAMATOR KEMERDEKAAN RI, PEMIMPIN BESAR REVOLUSI,
PENYAMBUNG LIDAH RAKYAT, PENGGALI PANCASILA
6 JUNI 1901
Hari Kamis Pon. Windu Sanjaya. Wuku Wayang di Lawang Seketeng Surabaya, saat fajar menyingsing lahirlah jabang bayi Koesno yang kelak akan menjadi Soekarno dan pasangan Ida Ayu Nyoman Rai Sarimben, seorang putri keturunan Kasta Brahmana dan Banjar Balai Agung Singaraja Bali dengan Raden Soekemi Sosrodiharjo, Putra Raden Hardjodikromo seorang tokoh kebatinan di Tulungagung Jawa Timur.

Saat kecil, Soekarno diasuh oleh Mbok Sarinah, sekaligus yang mengajarkan tentang kecintaan kepada orang tua, rakyatjelata dan sesama manusia.
TAHUN 1915
Tamat EUROPEESCHE LAGERE SCHOOL (ELS) di Mojokerto — Jawa Timur.

10 JUNI 1921
Pelajar Soekarno tamat dan sekolah HOGERE BURGER SCHOOL (HBS) di Surabaya. Semasa di HBS, ayahnya menitipkan Soekarno di rumah HOS. Cokroaminoto, Politikus Nasional dan Serikat Islam (SI).

Di rumah inilah Soekarno dapat berkenalan dengan tokoh-tokoh Pergerakan Nasional, antara lain : Alimin, Muso, Darsono, serta mengenal dunia idea tokoh-tokoh dunia seperti Thomas Jefferson Jawaharal Nehru, Gladestone, Mahatma Gandi, Mazzini Jamaluddin Al Afgani, Moh Abduh, dIl.

25 MEl 1926
Soekarno berhasil menyelesaikan studinya di TERHNISCHE HOGE SCHOOL (THS) Bandung dengan mendapat gelar CIVIEL INGENIEUR (Insinyur Sipil).

TAHUN 1926
Diawali dengan pertemuan dengan seorang petani bernama Pak Marhaen di daerah Cigareleng Bandung Selatan dan melalui proses perenungan yang dalam serta serius, akhirnya Soekarno menemukan konsep Marhaen.

Marhaenis, Marhaenisme sebagai teori perjuangan mencapai kemerdekaan Indonesia, oleh karenanya Bung Karno disebut sebagai Bapak Marhaenisme.

TAHUN 1926
Menulis artikel tentang Nasionallsme. Islamisme dan Marxisme” dan bersama-sama kawannya mendirikan “Algemeene Studieclub di Bandung, suatu perkumpulan yang mempelajari pergerakan politik yang didasarkan pada paham kebangsaan dan beruratnadikan rakyat jelata.

4 JULI 1927
Ir. Soekarno bersama Mr. Iskaq Tjokrohadisuryo, Dr. Sanusi Sastrowidagdo, Mr. Budiarto, Mr. Sartono, Mr. Sunaryo dan Ir. Anwari mendirikan Perserikatan Nasional Indonesia (PNI) yang bertujuan mencapai Indonesia Merdeka.

Pada kongres PNI pertama tanggal 27 sampai dengan 30 Mei 1928 di Surabaya, Perserikatan Nasional Indonesia berubah menjadi Partai Nasional Indonesia (PNI) dan menerbitkan majalah Suluh Indonesia.

TAHUN 1928
Ir. Soekarno mengajarkan “Trilogi” perjuangannya yaitu:
- National Geest = Kesadaran Berbangsa
- National Will = Kemauan Berbangsa
- National Daad = Tindakan berbangsa

17 APRIL 1931
Bung Karno menyampaikan pledoinya di hadapan Pengadilan Kolonial Belanda setelah mengalami 19 kali persidangan selama 4 bulan. Pembelaan tersebut tetap tidak bisa membebaskan dan segala tuntutan, maka hakim Kolonial menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara di Banceuy dan kemudian dipindahkan ke penjara Sukamiskin Bandung. Pledoi Bung Karno kemudian dibukukan dalam “Indonesia Menggugat”

MARET 1932
Bung Karno menulis nsalah Mencapai Indonesia Merdeka” di Pengalengan selatan Kota Bandung dalam majalah Fikiran Rakyat.

1 AGUSTUS 1933
Bung Karno ditangkap oleh Polisi Kolonial Belanda di rumah Moh. Husni Thamrin di Jakarta dan dijebloskan dalam penjara Sukamiskin selama 4 bulan.

17 FEBRUARI 1934
Bung Karno dibuang ke Ende, di Pulau Flores selama 4 tahun didampingi Ibu Inggit Garnasih dan putri angkat Ratna Djuwani serta Ibu Amsi (mertua), berangkat dengan Kapal “Van Reibeeck”. Di tanah pembuangan Ende-Flores selama 4 tahun ini, Bung Karno banyak menulis artikel tentang Islam yang ditujukan kepada A. Hasan, guru ‘Persatuan Islam” di Bandung. Kemudian sebanyak 12 surat tersebut diterbitkan dengan judul “Surat-Surat Islam dari Ende”.

14 FEBRUARI 1938
Berdasarkan besluit Pemerintah Kolonial Belanda tertanggal 14 Februari 1938, pembuangan Bung Karno dipindah ke Bengkulu. Sesampai di Bengkulu. Bung Karno menjadi Ketua Pengajaran Muhamadiyah Daerah Bengkulu.

9 JULI 1942
Ketika ada tanda-tanda Jepang mendarat, rencananya Bung Karno akan dilarikan ke Padang, kemudian dibawa lagi ke Australia oleh Pemerintah Kolonial Belanda.

Setelah Jepang mendarat dan berhasil merebut Bung Karno, maka dikembalikan ke Jakarta tanggal 9 Juli 1942. Maka berakhirlah masa pembuangan Bung Karno oleh Pemerintah Kolonial Belanda.

9 MARET 1943
Bung Karno bersama Bung Hatta, Ki Hajar Dewantoro dan KH Mas Mansur memimpin Pusat Tenaga Rakyat (Putera) sebagai sarana taktis untuk menyusun tenaga dan kekuatan rakyat terlatih dalam merebut Kemerdekaan dari Jepang.

JUNI 1943
Bung Karno menikah dengan Fatmawati.

1 JUNI 1945
Bung Karno berpidato dalam Sidang Dokuritsu Zyunbi Tjoosakai atau Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di gedung Pejambon Jakarta.
Dalam pidato tersebut, Bung Karno mengemukakan gagasan Philosofiche Gronslaag yang digali dan sosio cultural bangsa sendiri sebagat dasar Indonesia Merdeka, Sejak itu pula Bung Karno dikenal sebagai Penggali Pancasila.

8 JUNI 1945
Bung Karno dipilih sebagai Ketua Dokuritsu Zyunbi Iinkai atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Atas kewenangannya itu Bung Karno merubah anggota PPKI dan 21 orang menjadi 27 orang dengan maksud untuk ingin mengubah lembaga buatan Jepang menjadi lembaga bersifat Nasional yang mencerminkan perwakilan nusantara.

10 JULI 1945
Bung Karno memimpin sidang panitia kecil BPUPKI ke II bertempat di rumah Bung Karno untuk menyusun Konstitusi Negara Indonesia yang kemudian dikenal dengan nama Undang Undang Dasar 1945 (UUD 1945).

15 AGUSTUS 1945
Bung Karno dan Bung Hatta diculik oleh para pemuda yang dipimpin oleh Chaerul Saleh dan Adam Malik, dan dilarikan ke Rengasdengklok untuk didesak segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesta saat itu juga.
Setelah terjadi perdebatan yang cukup menegangkan dan berakhir dengan persesuaian pendapat, maka Bung Karno dan Bung Hatta dikembalikan ke Jakarta.

17 AGUSTUS 1945
Bung Karno dan Bung Hatta mewakili seiuruh rakyat Indonesia memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia tepat hari Jumat Legi pukul 10.00 WIB di Gedung Pegangsaan Timur 56 Jakarta dan disiarkan melalui Kantor Besar Radio Domei.

Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati berkibar diiringi lagu “Indonesia Raya”.

Sejak hari itu Bung Karno dan Bung Hatta disebut sebagai “Proklamator Kemerdekaan Indonesia “.

18 AGUSTUS 1945
PPKI mengangkat Bung Karno dan Bung Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden (berdasarkan Aturan Peralihan, pasal 3 UUD 1945) dan dalam melaksanakan jabatannya dibantu oleh Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP KNIP).

5 OKTOBER 1945
Dekrit Presiden untuk membentuk angkatan perang. Maka pemerintah menugaskan kepada Mayor Urip Sumohardjo untuk membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) serta mengangkat Sodanco Supriyadi sebagai Menteri Keamanan Rakyat, namun tidak pernah hadir dan tidak diketahui keberadaannya.

4 JANUARI 1946
Pada akhir Desember 1945, tentara Belanda memasuki Jakarta, maka Bung Karno dan Bung Hatta secara rahasia berangkat dari Jakarta ke Jogjakarta dengan naik kereta pada malam hari (belakang rumah Bung Karno ada rel kereta api) dengan dasar pertimbangan bahwa resiko mempertahankan pusat pemerintahan terlalu besar, maka diputuskan pusat pemerintahan dipindah ke Jogjakarta.

18 SEPTEMBER 1948
Pemberontakan PKI meletus di Madiun dibawah pimpinan Muso yang ingin mendirikan Pemerintahan Komunis Sovyet di Indonesia, maka Bung Karno menyerukan kepada masyarakat melalui radio untuk memilih pemimpinnya “Soekarno — Hatta atau Muso dan PKI-nya”. Akhirnya rakyat menjatuhkan pilihannya kepada Soekarno — Hatta. Selanjutnya pada bulan Oktober 1948 Divisi Siliwangi di bawah pimpinan AH Nasution berhasil memadamkan pemberontakan dan Muso mati dalam pertempuran kecil.

19 DESEMBER 1948
Agresi Militer Belanda ke II, Jogjakarta diduduki Belanda. Tanggal 22 Desember 1948 pukul 07.00, Kolonel Van Langen menangkap Bung Karno, H. Agus Salim dan Sutan Syahril dibawa ke Medan. sedangkan Bung Hatta, Mr. Moh. Roem, Mr. All Sastro Amijoyo, Mr Gafar Pringgodikdo, Mr. Assaat dan Komodor Suria Darma dilarikan ke Bangka.

Dalam perjalanan dari Istana Jogjakarta sampai ke Prapat (Sumatera Utara), Bung Karno mengalami tiga kali usaha pembunuhan terhadap dirinya, yaitu:
  • Menurut pengakuan Kapten Vosfeiet, sopir Jeep yang diperintah oleh Jenderal Spoor, Panglima Besar tentara Belanda:
    “DaIam perjalanan dan Istana menuju Maguwo, Bung Karno dinaikkan jeep terbuka. tanpa borgol dan berjalan pelan”, dimaksudkan agar Bung Karno punya kesempatan melarikan diri dan akan ditembak mati. “
  • Menurut pengakuan Mr Yoseph Marie Antoim Habert Luns, mantan Menten Luar Negeni Belanda dan Sekjen NATO:
    “Dalam perjalanan udara dari Maguwo ke Medan, Bung Karno akan dibunuh dengan cara dilemparkan dari kapal udara.
  • Kesaksian juru masak (perempuan) para tawanan Brastagi mendapat perintah dari opsir bahwa besok pagi tidak perlu memasak untuk para tawanan, sebab besok pagi Bung Karno dan teman-temannya akan menjalani eksekusi tembak mati. Karena Belanda menganggap bahwa untuk menghancurkan Republik Indonesia harus melenyapkan Soekarno lebih dahulu. Malam harinya rakyat Brastagi menyusun gerilya untuk membebaskan Bung Karno, tapi upaya tersebut sudah diketahui oleh
    tentara Belanda, maka Bung Karno dibawa lari oleh Algojo Belanda menuju Prapat.
6 JULI 1949
Bung Karno dan pemimpin lainnya dikembalikan oleh Belanda ke Jogjakarta setelah melalui perjanjian ‘Roem — Royen Statements’

28 DESEMBER 1949
Bung Karno bersama rombongan kembali ke Jakarta dengan 2 pesawat Dakota (yang salah satunya merupakan sumbangan rakyat Aceh), mendarat di Kemayoran sekitar pukul 11.30 WIB. dengan diiringi bendera asli proklamasi. Rombongan menuju Istana Negara dan mulai saat itu Ibu Kota kembali ke Jakarta.

7 JULI 1953
Bung Karno menikah dengan Ibu Hartini.

18 APRIL 1955
Bung Karno menyampaikan pidato pembukaan Konferensi Asia Afrika ke I di Bandung dengan judul Asia Baru dan Afrika Baru”.

JULI 1955
Bung Karno naik Haji ke Tanah Suci.

21 FEBRUARI 1957
Pidato Presiden di Istana Negara tentang Konsepsi yang menolak demokrasi liberal karena melahirkan tirani minoritas dan mayoritas, yang dikehendaki adalah demokrasi terpimpin oleh nilai-nilai yang berakar pada masyarakat Indonesia.

Ekses dan sikap politik tersebut, dan kelompok reaksioner mengadakan upaya pembunuhan terhadap Bung Karno dengan cara penembakan di Hari Raya Idul Adha dan geranat meledak di Cikini.

30 SEPTEMBER 1960
Bung Karno pidato di depan Sidang Umum PBB di New York — Amerika Serikat dalam judul “To Build The World A New” yang menawarkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar piagam PBB.

19 DESEMBER 1961
Presiden Soekarno memberikan Komando Pembebasan lrian Barat yang dikenal dengan nama “Tri Komando Rakyat” (Trikora) pada rapat umum di Jogjakarta yang berisikan:
  1. Gagalkan pembentukan Negara “Papua” bikinan Kolonial Belanda.
  2. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat
  3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum.
Atas komando tersebut, wilayah Irian Barat yang mempunyai luas beberapa kali Pulau Jawa dalam waktu 1 tahun, 4 bulan, 13 hari sudah kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

3 MARET 1962
Menikah dengan Ratna Sari Dewi, (Naoko Nemoto).

3 ME 1964
Komando Dwi Kora.

11 MARET 1966
Presiden Soekarno memberikan perintah (Supersemar) kepada menteri/Panglima Angkatan Darat Letnan Jendral Soeharto untuk:
  1. Mengambil segera tindakan yang dianggap perlu untuk terjaminnya keamanan dan ketenangan serta kestabilan jalannya pemerintahan dan kewibawaan pimpinan, Presiden /Panglima Tertinggi /Pimpinan Besar Revolusi /Mandataris MPR, untuk keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia dan melaksanakan dengan pasti segala ajaran Pemimpin Besar Revolusi.
  2. Mengadakan koordinasi pelaksanaan pemerintah dengan Panglima Angkatan lainnya dengan sebaik-baiknya.
  3. Supaya melaporkan segala sesuatu yang bersangkut paut dalam tugas dan tanggung jawab seperti tersebut di atas.
7 MARET 1967
Kekuasaan Pemerintahan Bung Karno dipreteli oleh Tap. MPRS No. XXXIII / MPRS / 1967, secara hukum TAP tersebut mempunyat kelemahan yang serius, karena seseorang yang belum atau ttdak terbukti kesalahannya tetapi hak-haknya dicabut dan tidak dikembalikan.

Ironis, seorang Bapak yang menghabiskan waktunya dan mempertaruhkan seluruh hidupnya bagi kemerdekaan bangsanya, harus mengakhiri hidupnya di Tahanan Negara oleh bangsanya sendiri.

21 JUNI 1970
Han Minggu Pahing pukul 19.00 Bung Karno menghembuskan nafasnya yang terakhir di RS Gatot Subroto, setelah sekian lama mendenita sakit dan dikarantina di Wisma Yaso.

“Innalillahi Wainna Illaihi Roji’un”. Telah pulang Bapak Bangsa Indonesia ke Rahmatullah dan kini tugas kita semua menjaga negeri ini selama-lamanya.

Sumber:
Mojokerto InfoPDI Perjuangan Jatim, Antenna

Misteri Kalender Maya dan Ramalan Kiamat 2012

Dalam kalender bangsa Maya, diramalkan bahwa pada periode 1992-2012 bumi akan dimurnikan, selanjutnya peradaban manusia sekarang ini akan berakhir dan mulai memasuki peradaban baru.

Dalam sejarah peradaban kuno dunia, bangsa Maya bagaikan turun dari langit, mengalami zaman yang cemerlang, kemudian lenyap secara misterius. Mereka menguasai pengetahuan tentang ilmu falak yang khusus dan mendalam, sistem penanggalan yang sempurna, penghitungan perbintangan yang rumit serta metode pemikiran abstrak yang tinggi. Kesempurnaan dan akurasi dari pada penanggalannya membuat orang takjub!
Sekelompok masyarakat yang misterius ini tinggal di wilayah selatan Mexico sekarang (Yucatan) Guetemala, bagian utara Belize dan bagian barat Honduras. Banyak sekali pyramid, kuil dan bangunan-bangunan kuno yang dibangun oleh Maya yang masih dapat ditemui di sana. Banyak juga batu-batu pahatan dan tulisan-tulisan misterius pada meja-meja yang ditinggalkan mereka. Para arkeolog percaya bahwa Maya mempunyai peradaban yang luar biasa. Hal itu bisa dilihat dari peninggalannya seperti buku-bukunya, meja-meja batu dan cerita-cerita yang bersifat mistik. Tetapi sayang sekali buku-buku mereka di perpustakaan Mayan semuanya sudah dibakar oleh tentara Spanyol ketika menyerang sesudah tahun 1517. Hanya beberapa tulisan pada meja-meja dan beberapa system kalender yang membingungkan tersisa sampai sekarang.

Seorang sejarahwan Amerika, Dr. Jose Arguelles mengabdikan dirinya untuk meneliti peradaban bangsa ini. Ia mendalami ramalan Maya yang dibangun di atas fondasi kalender yang dibuat bangsa itu, dimana prediksi semacam ini persis seperti cara penghitungan Tiongkok, ala Zhou Yi. Kalendernya, secara garis besar menggambarkan siklus hukum benda langit dan hubungannya dengan perubahan manusia. Dalam karya Arguelles, The Mayan Factor: Path Beyong Technology yang diterbitkan oleh Bear & Company pada 1973, disebutkan dalam penanggalan Maya tercatat bahwa sistim galaksi tata surya kita sedang mengalami ‘The Great Cycle’ (siklus besar) yang berjangka lima ribu dua ratus tahun lebih. Waktunya dari 3113 SM sampai 2012 M. Dalam siklus besar ini, tata surya dan bumi sedang bergerak melintasi sebuah sinar galaksi (Galatic Beam) yang berasal dari inti galaksi. Diameter sinar secara horizontal ini ialah 5125 tahun bumi. Dengan kata lain, kalau bumi melintasi sinar ini akan memakan waktu 5125 tahun lamanya.
Orang Maya percaya bahwa semua benda angkasa pada galaksi setelah selesai mengalami reaksi dari sinar galaksi dalam siklus besar ini, akan terjadi perubahan secara total, orang Maya menyebutnya, penyelarasan galaksi (Galatic Synchronization). Siklus besar ini dibagi menjadi 13 tahap, setiap tahap evolusi pun mempunyai catatan yang sangat mendetail. Arguelles dalam bukunya itu menggunakan banyak sekali diagram-diagram untuk menceritakan kondisi evolusi pada setiap tahap. Kemudian setiap tahap itu dibagi lagi menjadi 20 masa evolusi. Setiap masa itu akan memakan waktu 20 tahun lamanya.

Dari masa 20 tahun antara tahun 1992-2012 itu, bumi kita telah memasuki tahap terakhir dari fase Siklus Besar, bangsa Maya menganggap ini adalah periode penting sebelum masa pra-Galatic Synchronization, mereka menamakannya: The Earth Generetion Priod (Periode Regenerasi Bumi). Selama periode ini bumi akan mencapai pemurnian total. Setelah itu, bumi kita akan meninggalkan jangkauan sinar galaksi dan memasuki tahap baru: penyelarasan galaksi.
Pada 31 Desember 2012 akan menjadi hari berakhirnya peradaban umat manusia kali ini, dalam perhitungan kalender Maya. Sesudah itu, umat manusia akan memasuki peradaban baru total yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan peradaban sekarang. Pada hari itu, tepatnya musim dingin tiba, matahari akan bergabung lagi dengan titik silang yang terbentuk akibat ekliptika (jalan matahari) dengan ekuator secara total. Saat itulah, matahari tepat berada di tengah-tengah sela sistem galaksi, atau dengan kata lain galaksi terletak di atas bumi, bagaikan membuka sebuah “Pintu Langit” saja bagi umat manusia.

Dalam perhitungannya, bangsa Maya tidak menyinggung tentang apa penyebab peradaban kali ini berakhir. Ada sedikit yang kelihatannya jelas, bahwa berakhirnya ‘hari itu’ sama sekali bukan berarti malapetaka apa yang datang menghampiri, melainkan mengisyaratkan kepada seluruh umat manusia akan adanya transisi dalam kesadaran dan spiritual kosmis, selanjutnya masuk ke peradaban baru. Tahun 755 Masehi, seorang rahib Maya pernah meramal, setelah tahun 1991 kemudian, akan ada dua peristiwa penting terjadi pada manusia yaitu kebangkitan kesadaran, dan pemurnian bumi serta regenerasinya.
Mulai 1992, bumi memasuki apa yang oleh bangsa Maya disebut ‘Periode Regenerasi Bumi”. Pada periode ini, Bumi dimurnikan, termasuk juga hati manusia, (ini hampir mirip ramalan orang Indian Amerika-Utara terhadap orang sekarang ini), subtansi yang tidak baik akan disingkirkan, dan substansi yang baik dan benar akan dipertahankan, akhirnya selaras dengan galaksi (alam semesta), ini adalah singkapan misteri dari gerakan sistem galaksi kita yang diperlihatkan oleh bangsa Maya.

Dari titik pandang ilmu pengetahuan umat manusia sekarang, hal itu benar-benar tidak dapat dipercaya. Mungkin saja bangsa Maya sedang membicarakan tentang galaksi Bima Sakti (Milky Way), yang mana ilmu pengetahuan dan teknologi kita belum juga sampai ke solar sistim, seperti pepatah orang Tionghoa mengatakan “Serangan musim panas tidak dapat menjelaskan es di musim dingin”. Fenomena kosmik yang diperlihatkan oleh kalender Maya adalah benar-benar berharga dari suatu penyelidikan yang serius oleh umat manusia sekarang ini.
ARAH RAMALAN ITU

Sejak tahun 1992 sampai 2012 nanti, bagaimana terjadi “pemurnian” dan bagaimana pula terjadi “regenerasi” pada bumi kita ini, tidak disebutkan secara detail oleh bangsa Maya. Dalam ramalan mereka pun tidak menyinggung tentang apa hal konkret yang memberikan semangat manusia untuk bangkit dari kesadaran dan bagaimana bumi mengalami permurnian, yang ditinggalkan oleh mereka kepada anak cucunya (barangkali tidak tercatat). Lantas, fenomena baru apa yang sudah bisa kita lihat sejak tahun 1992 sampai sekarang yang bisa kita kaitkan dengan ramalan bangsa Maya yang beradab itu?
Mengamati peristiwa besar 10 tahun belakangan ini (1992-2002), kelihatannya karakter alam semesta, ‘Zhen, Shan, Ren,’ (sejati, baik, sabar) yang diajarkan oleh Master Li Hongzhi, sebagai efek yang sedang ‘memurnikan’ hati manusia dan bumi ini. Kami menemukan dua bilangan yang bermakna, pada 1992 adalah persis tahun pertama kalinya Li Hongzhi mengenalkan ajarannya secara terbuka kepada masyarakat, ditengah-tengah kemrosotan moral umat manusia yang parah.. Dari tahun 1992-1999, dalam waktu yang singkat ini, pengikut latihan kultivasi jiwa dan raga ini sudah mencapai hampir 100 juta orang di daratan China. Kini, latihan ini bahkan sudah menyebar kelebih 60 negara. Melalui kultivasi yang terus-menerus, latihan ini dapat mencapai tujuan mengganti sel-sel manusia dengan materi energi tinggi dan meningkatkan moral manusia sesuai karakter alam semesta serta kembali ke jati diri yang asli.

Mungkin sudah diatur, bahwa kalender Maya tidak hilang dan sejarah manusia, dan harus diuraikan dengan kode oleh manusia sekarang. Namun ia tetap saja harus dilihat, apakah umat manusia yang terpesona oleh konsepsinya yang trerbentuk sesudah kelahiran dapat menembus batas-batas untuk mengingatkan dan memahami kebenaran yang melampoi sistim pengetahuan kita.

Sumber : indospiritual

Ada Alien Sembunyi di Gletser Berdarah?

ANTARTIKA - Belakangan ini, panorama Gletser Darah muncul lagi di sebuah lokasi benua Antartika. Fenomena tersebut terletak di Mc Murdo Dry Valleys yang terkenal sebagai wilayah maha luas tanpa es, adalah salah satu wilayah paling unik di benua Antartika.

Lembah dimaksud meski berlokasi di Kutub Selatan, namun selamanya jarang terdapat lapisan es, karena angin yang menyapu ke arah lembah dengan kecepatan (badai) 320 km/jam mampu merenggut seluruh kelembaban.
Ketika seseorang berjalan sendiri menapaki lembah itu, setelah melalui bangkai pinguin dan hewan-hewan lainnya, akhirnya bisa menyaksikan sebuah gletser “Darah”.

Konon gletser berdarah itu ditemukan oleh team ekspedisi Robert Scott pada 1911, belakangan terbukti diakibatkan oleh pengoksidasian zat besi.

Dikabarkan, setiap jangka waktu tertentu, gletser bisa menyemburkan cairan jernih yang kaya dengan zat besi yang kemudian dengan segera terjadi oksidasi menjadi berwarna merah tua yang menggiriskan.

Discover Magazine menyebutkan, cairan tersebut bersumber dari danau air asin yang kaya kandungan garam di kedalaman lapisan es 390 meter.

Penelitian terkini sudah menemukan terdapat bakteri di dalam situasi sedemikian sulit yang hidupnya mengandalkan senyawa zat belerang dan besi.
Menurut peneliti, semenjak gletser lahir dari danau, menciptakan lingkungan ekologi yang sedemikian dingin, gelap dan tanpa oksigen. Kelompok bakteri semacam itu sudah terisolasi selama 150 juta tahun.

Selain itu para ilmuwan juga beranggapan, gletser berdarah yang dihasilkan oleh bakteri tersebut kemungkinan terdapat mahluk hidup luar angkasa yang hidup di tata surya kita, misalkan di bawah lapisan es kedua kutub planet Mars dan (sebuah bulan milik) Jupiter kemungkinan juga terdapat kehidupan.

Paypal Launches Storefront Widget

Paypal has launched the Paypal Storefront Widget, a web based widget that allows anyone to embed a store widget on a web site.

The Storefront widget offers a seamless e-commerce platform for those wishing to sell anything on their site, such as t-shirts, CD’s or other items.

The widget (see pic right) includes:
  • An Index page that shows thumbnail images of all the items for sale through the widget
  • a product page that shows a larger view of the items/ products for sale
  • A shopping cart directly within the widget
  • About and policy pages mean that any conditions are also contained with the widget
Users can set the widget to “sold out” or “sorry we’re closed” from the central control panel, and comes standard with a sharing option; visitors are able to grab the html for the widget from the widget and display it on their own site should they so desire.

I spoke with Paypal prior to the launch and they emphasized that the product was focused on blogs and social networking sites. Paypal has a deal with SixApart that sees the widget being embeddable into TypePad blogs without the need to copy and paste, for everyone else though its no more difficult than any widget is to embed, presuming you know where to get at, and where to paste the html.

Initially there are some limitations with the service, for example you only get the choice of one size for the widget, and it currently only supports sales in US dollars. Paypal though will be seeking user feedback once the program takes off and they are open to expanding the options available in the future.

Paypal sees a lot of possibilities for the widget; for example it provides a seamless shopfront for bands on MySpace who may want to sell recordings. It may also be a substitute for donation buttons that are occasionally used by bloggers as well; Paypal admits that some of their previous embeddable shopping options haven’t been as user friendly as they’d hoped, where as the Storefront widget is focused on being simple to use for everyone.
I’ve had time to play with the setup features for the widget and there’s little doubt that Paypal got the easy part right. Drop down menu items for navigation compliment sample products to get users started.

There are some parallels to Tailgate, in that both are transaction on the page. The difference with the Paypal widget is that like any Paypal transaction payment is made on the Paypal website itself to guarantee a secure transaction; the widget is fully transactional only to the last purchase point. This is functionality usually delivered by often expensive merchant solutions where as Paypal is offering this service for free, except of course they get a standard cut from the sale itself.

I know when I first heard about Paypal’s Storefront Widget that my thoughts were: here we go, yet another widget offering, but this is impressive and quite unique in the marketplace. I’d think that this product will be warmly received by those with something to sell, or those who haven’t offered items for sale previously on their blogs or social networking pages due to the cost and technical knowledge required in doing so.
Source : TechCrunch

Gempa Di Sinabang

Gempa besar kembali mengguncang Nanggroe Aceh Darussalam, Rabu, 7 April 2010 tepat pukul 05.15 WIB. BMKG mencatat kekuatan gempa ini mencapai 7,2 skala Richter, sedangkan Badan Survey Geologi Amerika Serikat menyebut gempa ini berkekuatan 7,7 skala Richter.

Titik pusat gempa berada sebelah tenggara Sinabang, 2.33 LU - 97.02 BT dengan kedalaman 34 km. Warga di Medan, Padang, dan Nias ikut merasakan guncangan gempa ini, terutama setelah terjadi tiga gempa susulan dengan kekuatan yang lebih rendah.
Gempa susulan pertama terjadi pukul 05.26 WIB dengan kekuatan 5,1 skala Richter. Gempa susulan kedua terjadi dua menit setelahnya dengan kekuatan 5 SR, dan gempa berikutnya pukul 05.34 WIB berkekuatan 5,2 SR. 

Hingga saat ini belum dilaporkan adanya korban jiwa maupun kerusakan bangunan, namun BMKG mengimbau warga untuk tetap siaga karena gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami di Aceh.

'Clash of the Titans' Juara di Seluruh Dunia

Film yang bercerita soal pertempuran dewa dalam mitologi Yunani, 'Clash of the Titans', meraih sukses besar. 'Clash of the Titans' berhasil menduduki peringkat pertama penjualan tiket bioskop di seluruh dunia.

Seperti yang dilansir oleh Reuters, Senin (5/4/2010), film yang disutradarai oleh Louis Leterrier itu meraup pendapatan sebesar US$ 64 juta atau sekitar Rp 579 miliar. Pendapatan sebanyak itu diperoleh 'Clash of the Titans' hanya di daratan Amerika Serikat (AS) dan Kanada saja sejak pertama kali diputar pada 2 April 2010 lalu.
Salah satu sebab yang membuat 'Clash of the Titans' laris di AS dan kanada karena pemutaran perdananya berdekatan dengan liburan Paskah. Film yang juga dirilis dalam format 3 dimensi (3D) tersebut juga mencetak pendapatan tinggi di 15 negara.

Seperti di Spanyol yang mencatat penjualan tiket sebesar US$ 8,6 juta (Rp 77 miliar) dalam waktu lima hari, lalu di Inggris sebanyak US$ 7,8 juta (Rp 70 miliar) dalam periode tiga hari saja dan di Korea Selatan US$ 6,8 juta (Rp 61 miliar) dalam jangka empat hari pemutaran.

Pendapatan sementara film yang dibintangi oleh Sam Worthington, Liam Neeson dan Ralph Fiennes itu mencapai US$ 108 juta (Rp 977 miliar). Angka ini akan terus naik karena 'Clash of the Titans' belum diputar di banyak negara.
Film dengan durasi sekitar 118 menit itu menghabiskan biaya pembuatan sebesar US$ 100 juta (Rp 905 miliar).

Sumber : YahooNews

Perokok Punya IQ Lebih Rendah

Efek buruk rokok ternyata tidak hanya memengaruhi kualitas kesehatan, tetapi juga kecerdasan. Studi terbaru di Israel mengindikasikan, para perokok memiliki  IQ lebih rendah ketimbang non-perokok. Intelegensia pun akan menurun seiring dengan semakin seringnya seseorang menghisap rokok.

Seperti dilaporkan jurnal Addiction edisi terbaru, suatu riset terhadap pria berusia 18-21 tahun menunjukkan bahwa perokok memiliki IQ rata-rata 94—atau tujuh poin lebih rendah ketimbang non-perokok (101). Skor IQ pada populasi pria muda sehat tercatat antara  84 and 116. Tetapi pada mereka yang merokok lebih dari satu bungkus per hari, IQ-nya berkisar tak jauh dari 90.
Dalam penelitian ini, para ahli mengumpulkan data lebih dari 20.000 pria sehat pada masa sebelum, selama dan setelah mengikuti wajib militer. Sekitar 28 persen responden menghisap satu atau lebih rokok setiap hari, tiga persen lainnya adalah mantan pecandu rokok, sedangkan 68 persen sisanya mengaku tak pernah merokok.

"Dalam  kesehatan, secara umum kami berpikir bahwa para perokok cenderung  hidup di lingkungan yang sulit atau kurang mendapat pendidikan di sekolah yang baik. Tetapi, karena studi ini melibatkan subyek dengan latar belakang sosial  beragam, kami mencoret pertimbangan status sosial-ekonomi sebagai faktor utama," ungkap Professor Mark Weiser, dari Tel Aviv University's Department of Psychiatry.
Peneliti juga mengukur pengaruh rokok pada pasangan kembar. Pada kasus di mana salah satu dari pasangannya merokok, pasangan yang tidak merokok mencatat rata-rata IQ yang lebih tinggi. "Orang dengan rata-rata level IQ rendah cenderung memiliki skill pengambilan keputusan yang lebih buruk ketika dikaitkan dengan problem kesehatan mereka. Orang dengan IQ rendah juga bukan hanya rentan terhadap kecanduan. Orang-orang ini juga cenderung mudah mengalami obesitas,  masalah nutrisi dan narkoba," tandas Prof Weiser.

Sumber : YahooNews

Minuman Bersoda Turunkan Jumlah Sperma

Pria yang mengonsumsi sekitar satu liter minuman bersoda setiap hari bisa membahayakan kehidupan seks mereka. Berdasarkan sebuah penelitian di Denmark, pria yang mengonsumsi minuman bersoda berlebihan bisa menurunkan jumlah produksi dan kualitas sperma.

Hasil penelitian itu menemukan, jumlah sperma pria yang rutin minum minuman bersoda hampir 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak. Penemuan ini terungkap berdasarkan studi di Denmark yang meneliti efek dari minuman ringan pada kesehatan pria.
Namun, penelitian ini juga menuai kontroversi. Menurut Badan Kesehatan Dunia, WHO, minuman bersoda tidak terlalu mempengaruhi kesehatan reproduksi pria. Meski pria memiliki jumlah sperma yang sedikit, mereka tetap bisa memberikan keturunan.

Jika dikaitkan dengan kafein yang terkandung dalam minum bersoda, menurut peneliti kopi tidak berefek turunkan jumlah sperma. Jensen, pemimpin penelitian ini mengatakan, hanya sedikit penelitian yang melihat dampak kafein pada kesehatan reproduksi pada pria. Namun, efek buruk dari minuman bersoda akan meningkat jika gaya hidup peminumnya juga tidak sehat. 

Lebih dari 2.500 pria muda dilibatkan dalam studi ini. Para partisipan yang tidak mengonsumsi minuman bersoda memiliki kualitas sperma lebih baik, yang rata-rata 50 juta sperma per mililiter semen dan cenderung memiliki gaya hidup sehat.

Sebaliknya, 93 partisipan yang minum minuman bersoda lebih dari satu liter sehari hanya 35 juta sperma per mililiter. Namun, mereka juga memiliki kebiasaan terlalu cepat, dan kurang asupan buah dan sayuran. Studi ini dipublikasikan dalam 'American Journal of Epidemiology'.
 Sumber : YahooNews

Perceraian Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua

Perceraian memang menyita pikiran dan membuat lelah baik psikis maupun fisik. Efeknya secara psikis pasti menyedihkan, dan pada fisik juga kurang baik. Hal ini berdasarkan dari penelitian yang dilakukan tim dari Case Western Reserve University di Cleveland, Amerika Serikat.

Hal itu diketahui dengan melihat 186 pasang kembar identik dan menemukan bukti sejauh mana faktor gaya hidup, bukan hanya genetika, juga mempengaruhi penuaan. Mereka menemukan pasangan bercerai rata-rata terlihat dua tahun lebih tua dari yang lajang, menikah atau saudaranya yang sudah janda atau duda, ketika dinilai oleh sebuah panel independen.
Stres adalah salah satu faktor yang paling umum, yang membuat anak kembar terlihat lebih tua cepat daripada saudara-saudara mereka. Hal ity berdasarkan temuan, yang diterbitkan dalam jurnal dari American Society of Plastic Surgeons, seperti VIVAnews kutip dari Telegraph, Minggu 4 April 2010.

Penelitian ini juga menemukan bahwa bagi wanita usia tertentu, meningkatnya berat badan bisa membuat mereka untuk terlihat lebih muda. Sedangkan, pada saudara kembar di bawah 40, dianggap terlihat lebih tua, jika saudaranya terlihat lebih langsing.
Menurut kepala peneliti, Dr Bahman Guyuron, wanita yang kembar identik "secara genetik diprogram untuk usia yang sama persis." Dia merekomendasikan bahwa wanita yang ingin tetap tampak muda lagi harus menghindari stres dan kecemasan, untuk menipu jam biologis mereka.

"Faktor genetik seseorang awalnya mungkin mendikte bagaimana mereka usia. Tapi ada faktor lain seperti gaya hidup yang juga mempengaruhinya," kata dr. Guyuron
Penelitian juga menemukan bahwa penggunaan obat antidepresan dapat menyebabkan seseorang terlihat "secara signifikan lebih tua. Mereka memperingatkan bahwa obat tersebut dapat mengendurkan otot wajah sehingga keriput terlihat jelas.

Sinar matahari, merokok dan minum alkohol juga membuat seseorang menjadi tampak lebih tua. Untuk mengatasi hal itu, terapi hormon pengganti (hormone replacement therapy), menurut studi bisa menjadi salah satu cara. Dr. Guyuron mengatakan bahwa temuan juga mendukung gagasan bahwa suntikan dermal "filler" bisa membantu mengembalikan volume kulit yang hilang dan meremajakan wajah.
Sumber : YahooNews

Wajah Orang Muncul di Kobaran Api Ramayana

Ada fenomena yang menarik dalam salah satu foto yang mengabadikan peristiwa kebakaran hebat di pusat perbelanjaan Ramayana di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (2/4/2010). Lihatlah, kobaran api sempat membentuk wajah menyerupai manusia.

Dalam foto tersebut dengan jelas terlihat bagian-bagian anggota wajah. Memang tidak secara utuh membentuk wajah. Bagian paling jelas adalah yang menyerupai mata, alis, dan hidung. Foto unik tersebut diabadikan fotografer Persda Network, Bian Harnansa, saat memotret proses pemadaman yang dilakukan pasukan pemadam kebakaran di lokasi kebakaran. Wajah dalam api itu berada tepat di samping sejumlah petugas kebakaran yang menaiki tiang crane untuk menambah daya jangkau selang air ke pusat api.
Kobaran api yang membakar Ramayana memang begitu hebat sampai api menjilat-jilat membubung tinggi. Pasukan pemadam kebakaran sampai membutuhkan waktu sembilan jam untuk melumpuhkannya.

Sumber : Kompas.com

Kasus Gayus Mulai Sapu Banyak Korban

JAKARTA (Suara Karya): Berbeda dengan skandal kasus Bank Century, pengungkapan kasus penggelapan pajak dengan aktor utama Gayus Tambunan dalam waktu cepat menyapu banyak korban.

Mereka yang diduga menjadi "aktor" makelar kasus (markus) pegawai pajak pemilik rekening Rp 28 miliar itu--entah di kepolisian, Ditjen Pajak, maupun kejaksaan--mulai dikenai tindakan.  

Di kepolisian, sosok yang tersapu penindakan kasus Gayus ini adalah Brigjen Pol Edmond Ilyas. Dia kemarin resmi dinonaktifkan sebagai Kapolda Lampung. Pos Kapolda Lampung segera diisi oleh Brigjen Sulistio Ishak yang selama ini menjabat Wakadiv Humas Mabes Polri.

Mabes Polri juga me-nonjob-kan perwira menengah di Bareskrim yang menangani kasus Gayus, yaitu Kombes Pol Pambudi Pamungkas dan Kombes Pol Eko Budi Sampurno. Sebelumnya, Kamis lalu, Mabes Polri juga menonaktifkan sekaligus menahan perwira menengah di Direktorat II Ekonomi Khusus (Dir II Eksus) Bareskrim Polri, Kompol Arafat dan AKP Sumartini. 

Di Ditjen Pajak sendiri, sepuluh atasan Gayus dibebastugaskan. Bahkan Direktur Keberatan dan Banding Bambang Heru diganti. Atasan Gayus itu kini menjalani pemeriksaan oleh Direktorat Kepatutan Internal Transformasi Sumber Daya Aparatur (Kitsda) Ditjen Pajak. Selain Bambang Heru, empat orang yang menjabat kepala subdirektorat dan lima pejabat eselon IV di Ditjen Pajak dibebastugaskan.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tangerang Suyono, Kamis lalu, dimutasi. Tindakan tersebut diduga terkait dengan vonis bebas atas terdakwa Gayus Tambunan. 

Menurut Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri, keputusan mengganti Brigjen Pol Edmond Ilyas adalah untuk memudahkan proses pemeriksaan dan penyidikan seputar uang Rp 28 miliar di rekening Gayus Tambunan. 

Edmond Ilyas adalah satu dari dua jenderal polisi yang disebut mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji terlibat dalam praktik markus pajak Rp 28 miliar di rekening Gayus. Satu jenderal lagi, Brigjen Pol Raja Erizman, yang menggantikan Edmond sebagai Direktur II Eksus Bareskrim Polri, belum dikenai tindakan. Erizman sendiri adalah pejabat yang mengeluarkan surat perintah pembukaan blokir rekening Gayus.

Soal Raja Erizman yang belum dinonaktifkan, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang beralasan, proses pemeriksaan belum sampai mengganggu tugasnya.

Sebelumnya, banyak kalangan mendesak agar dua jenderal polisi yang diduga terlibat dalam kasus markus itu dinonaktifkan. Desakan itu antara lain disampaikan pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar, juga aktivis Indonesian Police Watch, Johnson Panjaitan dan Netta S Pane. Wartawan juga berkali-kali menanyakan soal itu.

Penggantian Edmond Ilyas sebagai Kapolda Lampung dibungkus dengan penggantian empat kapolda lain, yakni Kapolda Maluku Utara, Kapolda Aceh, Kapolda Gorontalo, dan Kapolda Bangka Belitung. Penggantian lima kapolda itu berdasarkan telegram rahasia Kapolri, 2 April 2010.

Sementara itu, sumber di Mabes Polri menyebutkan, dua anggota perwira berpangkat kombes, yakni Kombes E dan Kombes P, yang merupakan atasan Kompol Arafat, dimutasi dari Bareskrim.

Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri kini tengah menindaklanjuti kasus kode etik profesi, dugaan praktik makelar kasus, dan tindak lanjut atas perkara Gayus Tambunan. Mabes Polri juga tengah mendalami pemeriksaan atas pertemuan Andi Kosasih, Gayus Tambunan, Haposan Hutagalung (pengacara Gayus), dan penyidik Polri di dua hotel di Jakarta. 

Sementara itu, Dirjen Pajak M Tjiptardjo menjelaskan, sepuluh atasan Gayus dibebastugaskan untuk mempermudah proses pemeriksaan atas diri mereka. Penonaktifan berlangsung dua minggu, tapi bisa diperpanjang apabila diperlukan. 

Ditjen Pajak memastikan akan memeriksa surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak sekitar 15.000 pegawainya yang diindikasikan rawan terlibat dalam tindak penyelewengan. Data SPT dalam tiga tahun terakhir milik pegawai yang diperiksa akan dibandingkan dengan data yang dimiliki Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

"Kita periksa kalau ada yang janggal. Kalau datanya wajar, tidak apa-apa," kata Tjiptardjo. Dia menegaskan, pihaknya tengah menyiapkan kerja sama dengan PPATK.

Dirjen Pajak juga akan menelusuri kemungkinan adanya aliran dana dari Gayus ke petugas pajak yang lain. Jika terbukti ada, akan diambil tindakan tegas. Tapi, semuanya ditentukan setelah Ditjen Pajak bertemu Gayus. 

Sementara itu, Suyono sebagai Kajari Tangerang digantikan oleh Chaerul Amir, mantan pejabat Inspektur Pembantu Tindak Pidana Umum III pada Inspektur Tindak Pidana Umum Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas). Suyono sendiri lantas ditempatkan sebagai Asisten Intelijen Kejati Sulsel.

Kajati Banten Joko Subagyo menyatakan, penggantian Suyono sebagai Kajari Tangerang ini tidak terkait dengan praktik markus pajak yang melibatkan Gayus Tambunan. "Mutasi ini adalah hal yang biasa," katanya.

Saat dicecar pertanyaan soal penghilangan pasal korupsi dalam kasus Gayus Tambunan, sehingga jaksa hanya mengajukan perkara penggelapan dan pencucian uang ke Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Joko terkesan menghindar. 

"Saat ini, kan, Jamwas Kejagung sedang menanganinya. Jadi kita lihat saja hasilnya, berapa jumlah jaksa yang terlibat," ujarnya. 


Sumber : Suara Karya Online                    

Manusia Hobbit : Fakta Keberadaan Satu-satunya Ras

Hobbit merupakan salah satu ras manusia di jaman bumi pertengahan atau mid-earth berdasarkan novel Lord Of The Ring. Ternyata jenis manusia ini pernah ada di dunia dan lebih hebatnya lagi ditemukan di negara kita, Indonesia tepatnya di flores dengan nama ilmiah Homo Floresiensis. Spesies ini ditemukan pada tahun 2004. Namun setelah 3 tahun ditemukan, kemudian dilakukan berbagai penelitian menyangkut genetika dan lain sebagainya, ada fakta menarik tentang manusia hobbit ini.

Mulanya, para ilmuwan berspekulasi ketika pertama kali menemukannya bahwa kondisi yang menyebabkan orang menjadi kecil dan seperti hobbit di sebuah pulau terpencil di Indonesia pada 18.000 tahun lalu adalah karena hobbit merupakan spesies baru atau manusia yang terkena penyakit. Ukuran fosil hobbit yang ditemukan tersebut adalah sekitar satu meter dengan ukuran otak sebesar kepala bayi, tetapi berdasarkan penelitian, keintelektualannya normal seperti manusia biasa. Manusia hobbit ini juga memiliki anomali di tangan dan pergelangannya, tengkorak asimetris, dagu yang kecil, gigi yang abnormal dan bahu yang abnormal.
Keadaan ini sangat cocok dengan manusia modern dengan defek genetikal atau semacam mutasi genetik. Namun para ilmuwan masih berdebat apakah hobbit ini spesies baru atau manusia modern dengan penyakit genetik yang menyebabkan ukuran otak kecil yang disebut microcephaly. Perlu diketahui bahwa studi tentang tipe penyakit microcephaly ini membatasi perkembangan tubuh baik itu otak dan badan.

Berdasarkan Richard Potts, salah satu ilmuwan Institut Smithsonian Washington D.C, mengatakan :
"New study's link between genetics and human growth is "neat" but disagreed with the suggestion that Homo floresiensis represents a modern human with a genetic disorder. Proof that the hobbit is indeed a unique species, is found in recent detailed studies of its wrist and upper arm bone" .. yang artinya bukti keunikan spesies terdapat pada pergelangan tangan dan tulang lengan bagian atas yang unik dan bukan abnormal manusia modern.

Hal ini kemudian menjadi penelitian lanjut dan menguatkan fakta bahwa dulu pernah ada manusia seukuran hobbit pada jaman manusia modern, bukan manusia modern yang mengalami penyakit genetis. Penemuan ini akan menjadi sangat berpengaruh terhadap berbagai ilmu studi lain, termasuk pendapat bahwa ada spesies manusia lain selain manusia modern.
Oleh : Akh Furqon
Sumber : Bloggaul

Alquran Muncul di Kulit Bayi Jadi Perhatian Serius Ulama Rusia

Rusia - Kisah ayat Alquran muncul di tubuh bayi masih menjadi perhatian serius di Rusia. Salah seorang ulama Rusia menganggap pemunculan ayat suci itu sebagai peringatan dari Tuhan.
"Kami menganggapnya sebagai peringatan untuk muslim Rusia dan Dagestan. Mereka harus menjalani perintah Allah, menyesali kesalahan-kesalahannya, dan melepaskan diri dari konflik dan perpecahan yang kini melanda Dagestan dan Caucasus," kata seorang ulama, Akhmedpasha Amiralaev seperti dilansir The Sun.
Hingga kini logika maupun peralatan kedokteran memang belum mampu memecahkan misteri bocah Rusia tersebut.
Bocah ajaib yang mendapatkan 'berkah' itu adalah Ali Yakubov, bocah berumur 9 bulan. Ayat suci muncul di kulit Ali tidak lama setelah kelahirannya. Salah satu ayat yang muncul menyatakan 'Allah adalah pencipta seluruh alam'. Uniknya lagi, petikan ayat suci ini hanya timbul setiap Senin dan Kamis malam.  

Dilansir Interfax, Rabu (21/10/2009), mulanya orang tua Ali tidak memberitahukan kepada siapapun akan keajaiban si bayi. Tulisan Alquran pertama kali muncul di dagu Ali. Setelah dagu, ayat-ayat Alquran pun mulai terlihat pada punggung, lengan, kaki dan perut Ali. 
Setelah berkali-kali terjadi, orang tua Ali akhirnya memutuskan memberitahukan keajaiban itu kepada dokter. Terlebih bila ayat-ayat itu muncul, Ali seperti kesakitan. "Ali selalu merasa tidak sehat ketika tanda itu muncul. Ia menangis dan suhu badannya meningkat," ujar ibu Ali, Medina.
Saat ayat-ayat Alquran itu muncul di tubuh bayinya, Medina mengaku tidak mungkin menggendong Ali. "Badannya secara aktif bergerak, sehingga kami menaruhnya di tempat buaian. Sangat sulit melihatnya menderita," ceritanya.
Sumber : DetikNews
Refference :

Video